Search

Saturday, June 27, 2020

UAS Enterprise Application Integration


A.    Penggunaan EAI
EAI atau Enterprise Application Integration merupakan sharing data dan bisnis proses yang tidak terbatas antara aplikasi dan sumber data yang saling terkoneksi. Alasan penggunaan EAI adalah untuk memenuhi permintaan perusahaan untuk sharing data dan bisnis proses tanpa melakukan perubahan aplikasi maupun struktur data.
B.     Penerapan XML
Ada beberapa contoh penerapan XML dalam pemrograman yang pernah saya temukan:
1.      XML digunakan untuk membawa data pada API serpti SOAP;
2.      XML digunakan untuk membentuk struktur form pada pemrograman desktop seperti delphi, lazarus, vb, gtk, dll;
3.      XML digunakan untuk membuat layout aplikasi android;
4.      XML bertugas untuk membentuk struktur proyek pada java yang menggunakan Maven;
5.      XML digunakan sebagai format file SVG, DOCX, dsb.
6.      dan masih banyak lagi contoh penerapan XML.

C.    Penggunaan XML
XML merupakan singkatan dari eXtensible Markup Language. Sesuai dengan singkatannya, XML merupakan tag base sintaks. Masing‐masing tag dalam XML diawali dengan tag pembuka dan diakhiri dengan tag penutup. Data XML sendiri berguna sebagai datasource kecil dalam melakukan pertukaran informasi.

D.    Pengertian WebService
adalah aplikasi sekumpulan data (database), perangkat lunak (software) atau bagian dari perangkat lunak yang dapat diakses secara remote oleh berbagai piranti dengan sebuah perantara tertentu. Secara umum,web service dapat diidentifikasikan dengan menggunakan URL seperti hanya web pada umumnya.
E.     Pengertian JSON
JSON (JavaScript Object Notation) adalah format pertukaran data yang ringan, mudah dibaca dan ditulis oleh manusia, serta mudah diterjemahkan dan dibuat (generate) oleh komputer. Format ini dibuat berdasarkan bagian dari Bahasa Pemprograman JavaScriptStandar ECMA-262 Edisi ke-3 - Desember 1999. JSON merupakan format teks yang tidak bergantung pada bahasa pemprograman apapun karena menggunakan gaya bahasa yang umum digunakan oleh programmer keluarga C termasuk C, C++, C#, Java, JavaScript, Perl, Python dll. Oleh karena sifat-sifat tersebut, menjadikan JSON ideal sebagai bahasa pertukaran-data.


F.     Contoh Penggunaan JSON
Berikut ini beberapa contoh penggunaan JSON yang pernah saya temui:
1.      JSON sebagai format untuk bertukar data client dan server atau antar aplikasi. Contoh: RESTful API;
2.      JSON sebagai tempat menyimpan data, contoh: Database Mongodb;
3.      JSON digunakan untuk menyimpan konfigurasi project, contoh: file composer.json pada project PHP dan package.json pada Nodejs;
4.      JSON digunakan untuk menyimpan konfigurasi dan penyimpanan data pada Hugo;
5.      JSON digunakan untuk menyimpan konfigurasi project pada Nodejs;
6.      JSON digunakan untuk menyimpan data menifest;

G.    Contoh penggunaan  API
API adalah singkatan dari Application Programming Interface, dan memungkinkan developer untuk mengintegrasikan dua bagian dari aplikasi atau dengan aplikasi yang berbeda secara bersamaan. API terdiri dari berbagai elemen seperti function, protocols, dan tools lainnya yang memungkinkan developers untuk membuat aplikasi. Tujuan penggunaan API adalah untuk mempercepat proses development dengan menyediakan function secara terpisah sehingga developer tidak perlu membuat fitur yang serupa.

No comments:

Post a Comment